persepsi komunikasi by elvira rosa

Published 12 Oktober 2015 by Elvira Rossa

Hari ini sudah pertemuan ke 6 ternyata … Wowww… gak kerasa yahh, sudah 6 kali kita tatap muka sama pa MRG, dan beliau mempertahankan gaya mengajarnya yang asik asik gimana gituuu … eheeemmm… Bikin mata yang tadinya ngantuk ,jadi seger lagi, OK dechhh, hari ini kita membahas tentang Media dan persepsi.

mau tau kan apa itu persepsi?

Liat dulu nih gambar yang barbie ambil dari mbah google

kap-persepsi-4-638

coba ada yang bisa jawab berapa jumlah kaki gajah di atas? pasti beda-beda kan jawabannya?

555e49f50423bdb1618b4567

atau gambar balok itu,sebenarnya ada 3 atau 4?

itulah persepsi ,menafsirkan sesuatu atau pendapat menurut kalian masing-masing.

kita baca dulu deh ceritanya pa MRG : Next

Pa Mrg memberi contoh ,katanya si pengalamannya waktu di kantor begini.

di waktu siang hari pa MRG sedang bekerja di kantornya, lalu datanglah seorang OB cwantiiikkk membawakan secangkir kopi panas,lalu ob itu meletakan kopi itu di atas meja kerja pa MRG, Tetapi karna ada urusan di luar kantor pa MRG pun pergi, beberapa saat kemudian OB cantik itu mengambil kembali kopi yang berada di atas meja pa MRG,dan malah memberikan kopi itu ke orang lain , tak lama kemudian pa MRG kembali ke kantornya,dan melihat di meja kantornya tida ada kopi .. pa Mrg pun membuka CCTV yang ada di kantor tersebut,dan melihat bahwa ternyata ehh ternyata kopi miliknya di berikan kepada orang lain oleh ob tersebut.Pa MRG pun memanggil ob cantik itu,lalu beliau bertanya, Mana kopi saya mbaa????  OB itupun menjawab ,Maaf pa, SAYA PIKIR bapa tidak kembali,jadi saya berikan kopi itu kepada orang lain,karna kopinya sudah mulai dingin.

Dari cerita di atas,ada kata-kata SAYA PIKIR = Sesuatu yang di duga-duga

masih ceritanya MRG Nih gaess, pada jamannya beliau sekolah dulu,beliau memendam rasa kepada seseorang wanita #ciecieee #prikitiwww Mrg binggung bagaimana cara mengungkapkan rasa yang terpendam itu, ada sebuah buku di meja wanita yang di sukai oleh mrg,karna mrg merahasiakan nama wanita itu,Mari kita sebut saja dia Mawar..yaaaa kemudian Mrg melukis gambar atau simbol love di tengah-tengah buku si mawar,(jail juga ya mrg dulunya)opssss..hehee keesokan harinya mawar baru sadar kalau di bukunya tersebut ada gambar love,ia langsung berfikir MRG lah tersangkannya..mawarpun menangis sedih marah lalu mawar mengadu kepada ibunya, karna mawar itu terlalu polos dia bilang …Ibuuuuuu bukuku di rusak oleh rantoo,ibunya pun melihat buku itu ..ibunya mawarpun tersenyum senyum, lalu ia berkata “itu bukan di rusak nak,tetapi ranto menghias bukumu supaya terlihat indah,dan arti dari hiasan itu adalah ranto menganggumi mu nak..lalu mawarpun menjawab “ohh Aku kira mrg merusak bukuku buu, saat bertemu orang tua mawar di sekolah rantopun terlihat cemas.karna taukt di marahi oleh ibunya mawar,ehhh tapi ternyata tidak,ibunya mawar malah menceritakan kembali kejadian tersebut dan mereka berbincang bincang tertawa hahahaaaa.

#Segala sesuatu dapat di maknai oleh otak manusia berdasarkan pengalaman hidup sebelumnya.

Contoh: Anak kecil bermain lilin,lalu ia memegang lilin tersebut,ia langsung menarik tangannya karna panas terkena api lilin,ketika keesokan harinya,ia di berikan lilin yang sama,ia lebih berhati hati dan tidak mau memegang lilin tersebut.

Jadi,dari contoh di atas,bisa di tarik ksimpulan bahwa anak kecil mempunyai persepsi berdasarkan pengalaman .

karna,Rasa menampung>>> lalu mengirim ke sum-sum tulang belakang..lalu dengan kecepatan nano ia mersepon.

1 contoh lagi , Pa MRG memberikan gambar Bunga yang terlihat seperti wanita cantik, bunga sebagai bibirnya,kupu-kupu sebagai hidungnya,daun sebagai mata dan alisnya..Banyak persepsi di dalam gambar tersebut.. seperti yang saya sudah berikan contoh lainnya di atas .

Menurut buku larry A,Samovar dan richard E.Porter ada enam unsur budaya yang secara langsung mempengaruhi persepsi kita ketika kita berkomunikasi dengan orang dari budaya lain yaitu:

  1. Kepercayaan (beliefs), nilai ( values ), sikap ( attitude )
  2. Pandangan dunia ( world view )
  3. Organisasi sosial ( sozial organization )
  4. Tabiat manusia ( human nature )
  5. Orientasi kegiatan ( activity orientation )
  6. Persepsi tentang diri dan orang lain ( perseption of self and other )

Contoh kepercayaan :(agama yang sama)

Nilai : kata pa MRG,kita kuliah di sini di tuntut untuk Belajar,tidak peduli siapa dosenya ,

mengapa wanita tetap bertahan menjadi seorang istri walaupun sudah di sakitin,di selingkuhin,tidak di                                  nafkahi dan lain sebagainya ???? karna wanita di indoesia malu atau terbebani dengan status janda,

kenapa si orang yang lebih tua dari kita harus lebih di hormati ?

menurut pa MRG itu karna, Orang muda tidak pernah tua sedangkan orang tua pernah muda..

kesimpulan yang di pelajari hari ini yang saya kutip dari blog pa MRG  tentang persepsi adalah

“Segala sesuatu dapat dimaknai oleh otak manusia berdasarkan pengalaman hidup sebelumnya, sedangkan jika belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya masih disebut sebagai penafsiran semata, belum akurat hasil dari apa yang akan disimpulkan”.

sedangkan menurut kamus internet wikipedia

Persepsi adalah sebuah proses saat individu mengatur dan menginterpretasikan kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi lingkungan mereka. Perilaku individu seringkali didasarkan pada persepsi mereka tentang kenyataan, bukan pada kenyataan itu sendiri “

“bahasa universal pemersatu yaitu, MUSIK” buktinya, saat pak ranto melakukan sebuah penelitiannya..di desa baduy dan mendengarkan lagu bahasa inggris. ternyata anak suku tersebut ada yang sampai menangis, padahal dia tidak tau artinya ,tetapi ia dengar terus menerus lagunya … sampai” MRG memberikan radio tersebut kepadanya..

oke bye sekian dan terimakasi all .. ^_____^ cee u next post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: